Rabu, 08 Juni 2011

10 Dinosaurus Bertanduk Paling Spektakuler

Dekade ini adalah dekade paling produktif bagi pemburu dinosaurus, dan mungkin yang paling spektakuler, fosil yang ditemukan baru-baru ini adalah kelompok ceratopsians, dinosaurus bertanduk. Triceratops, adalah dinosaurus bertanduk yang paling terkenal, tapi ada banyak jenis lain, sebagian dari mereka spektakuler, dan ada yang jauh lebih aneh dari Triceratops.




10
Eotriceratops
Mark Eotriceratops0041-1
Eotriceratops dinamai pada tahun 2007; yang berarti "Triceratops dini", jenis ini tampak seperti Triceratops tapi tinggal beberapa juta tahun sebelumnya. Karena Triceratops begitu terkenal, penampilan Eotriceratops (memiliki ciri embel-embel spikey, dua tanduk panjang di atas mata dan satu tanduk pendek di moncong) mungkin tampak sangat akrab, tapi ada sesuatu yang membuat binatang ini berbeda dan pantas ditempatkan dalam daftar ini; yaitu ukurannya. Dino ini adalah ceratopsian terbesar, menurut ahli paleontologi, ketika tengkorak yang diukur panjangnya mencapai 3 meter dan beratnya menyamai mobil! beratnya lebih dari Tyrannosaurus rex. Ada kemungkinan bahwa Eotriceratops adalah leluhur Triceratops (penemuan Eotriceratops ', dianggap sebagai dinosaurus dengan tanduk terbesar). Ia tinggal di Kanada 68 juta tahun yang lalu.


9
Pachyrhinosaurus
Pachyrhinosaurus
Pachyrhinosaurus berarti "reptilia berhidung tebal", karena, di terlihat berbeda dari ceratopsians lainnya , makhluk ini memiliki pertumbuhan tulang aneh yang mungkin digunakan untuk duel dan menyeruduk. Mereka juga memiliki lonjakan dan tanduk di ujung embel-embel, dan sebuah tanduk utama juga tanduk seperti unicorn aneh tepat di belakang mata. Ukuran dan bentuk ornamen ini berbeda dari setiap individu, jadi mungkin mereka membantu Pachyrhinosaurus untuk mengenali satu sama lain. Banyak spesimen telah ditemukan, dan jantan dewasa dan jantan muda sering ditemukan bersama-sama, yang menunjukkan dinosaurus ini sangat menjaga anak-anak mereka. Dinosaurus ini adalah binatang yang cukup besar, tumbuh hingga 8 meter dan berat mencapai 4 ton, sama dengan berat gajah masa kini.


8
Medusaceratops
Medusaceratops
Jenis Ceratopsian mempunyai tanduk melengkung aneh di embel-embel nya. Panjangnya sekitar 7 meter, pada awalnya, dikira jenis lain dinosaurus, yaitu Albertaceratops, sehingga tidak mempunyai nama sampai 2010. Medusaceratops yang berarti "wajah Medusa bertanduk", karena tanduk-tanduknya mirip dengan model rambut-ular Medusa yang mengerikan dari mitos Yunani. Adapun nama makhluk yang spesifiknya, yaotu "lokii", Loki. Mengapa? Tampaknya ahli paleontologi yang menemukannya itu adalah penggemar berat komik Marvel, yang menggambarkan Loki (salah satu tokoh komik Marvel) sebagai penjahat yang mengenakan helm bertanduk. Medusaceratops ditemukan di Montana, dan hidup 77 juta tahun yang lalu.


7
Pentaceratops
5 Pentaceratops
Pentaceratops sering dikatakan memiliki tengkorak terbesar dari setiap hewan darat waktu itu(walaupun ada Torosaurus dan Eotriceratops bisa menyainginya). Namanya memiliki arti "wajah -bertanduk lima". Karena terdapat dua tanduk yang sebenarnya tulang epijugal (proyeksi spike-seperti di bawah mata) yang ceratopsians miliki dan Pentaceratops memiliki ukuran terbesar. Sifat lain yang menarik dari Pentaceratops adalah embel-embel, yang agak berbentuk hati dan lebih vertikal daripada ceratopsians lain. embel-embel itu memiliki dua lubang atau "fenestrae" yang tercakup dalam kulit saat mereka masih hidup. Ahli paleontologi percaya bahwa kulit ini berwarna cerah dan digunakan untuk menakut-nakuti predator dan berkelahi dengan sesamama spesies. Bahkan mungkin mereka bisa mengubah warna dan pola pada kulit tersebut, meskipun ini adalah spekulasi belaka. Pentaceratops tetap telah ditemukan di New Mexico, ini adalah binatang yang sangat besar, dengan panjang 8 meter dan beratnya mencapai 5,5 ton.


6
Styracosaurus
Styracosaurus
Walaupun ini adalah salah satu dari dinosaurus "klasik" dan telah dikenal sejak tahun 1913, Styracosaurus mempertahankan posisinya sebagai salah satu ceratopsians paling spektakuler. Ia memiliki satu tanduk panjang dan berbahaya pada moncongnya, dan enam tanduk lain yang menonjol di embel-embel (maka dinamai Styracosaurus, yang berarti "reptilia berpaku"). Dinosaurus ini tampak sangat menakutkan dan sebagian besar predator mungkin menghindari konfrontasi langsung dengan para jantan dewasa. Styracosaurus telah ditemukan di Kanada. Panjangnya sekitar 5,5 meter dan beratnya sekitar 3 ton.


5
Einiosaurus
Ig59 Einiosaurus 02
Einiosaurus ditemukan pada tahun 1985, dan diberi nama pada tahun 1995. Namanya berarti "kadal bison". Meskipun terkait erat dengan Styracosaurus memiliki penampilan yang sangat berbeda, mereka hanya memiliki dua  tanduk lurus panjang pada embel-embel dan aneh, pipih, tanduk hidung melengkung ke depan yang mirip pembuka botol. Meskipun hidung tanduk mungkin bukan senjata yang sangat efektif, tanduk lurus di embel-embel ini mungkin melindungi mereka dari gigitan dinosaurus karnivora besar, mencegah mereka dari menggigit leher bagian belakang embel-embel tersebut. Seperti Pachyrhinosaurus, Einiosaurus diketahui telah tinggal di peternakan besar. Mereka ditemukan di daerah Montana.


4
Diabloceratops
Diabloceratops Bw
Diabloceratops berarti "wajah bertanduk setan". Dinosaurus spektakuler ini ditemukan di Utah, Amerika Serikat. Ia memiliki tanduk hidung yang sangat kecil, namun tanduk alis yang cukup besar, dan tanduk di atas embel-embel yang lebih besar. Keempat tanduk, bersama dengan embel-embel maju-melengkung, hewan ini memberikan penampilan yang aneh, berbeda dari semua dinosaurus bertanduk lainnya. Diabloceratops tampaknya menjadi dinosaurus bertanduk primitif, karena memiliki beberapa ciri anatomi dengan protoceratopsids. Mempunyai rahang yang besar, yang menunjukkan bahwa gigitannya sangat kuat. Hal yang berbeda dari Diabloceratops adalah mereka melindungi diri mereka bukan dengan tanduk tapi dengan rahang mereka yang sangat kuat.


3
Rubeosaurus
E0080784 4C011830Ef28D
Rubeosaurus sebelumnya dianggap sebagai spesies Styracosaurus. embel-embel tanduk dinosaurus ini jauh lebih kecil dari Styracosaurus, tetapi mereka memiliki tanduk hidung yang sangat besar, dan jelas merupakan senjata defensif yang tangguh. Tidak seperti tanduk dari badak, yang seluruhnya terbuat dari keratin (protein yang sama dengan rambut dan kuku), Rubeosaurus dan ceratopsians sebagian besar memiliki tanduk yang terdiri dari inti tulang dan tertutup oleh keratin. Keratin biasanya tidak memfosil, sehingga tanduk ceratopsians lebih lama dan lebih tajam dalam hidup nyata mereka daripada mereka melihat museum dan foto dari fosilnya. Sifat lain tertentu dari Rubeosaurus adalah tanduk lurus di atas embel-embel, yang hampir menyentuh satu sama lain.



2
Coahuilaceratops
Coahuilaceratops
Coahuilaceratops Magnacuerna terkait erat dengan Pentaceratops, dan ditemukan di negara Meksiko utara Coahuila. Ia memiliki tanduk hidung kecil, tetapi tanduk alis yang sangat besar, yang terbesar dari setiap dinosaurus yang diketahui, jika diukur mungkin sekitar 1,5 meter, maka nama yang spesifik dari makhluk itu (magnacuerna berarti "bertanduk besar"). Meskipunawalnya mengklaim bahwa Coahuilaceratops memiliki berat 12 ton (dua kali lipat rata-rata T-Rex!), Tapi yang sebenarnya adalah sekitar 5 ton, seukuran gajah, dan berukuran sekitar 7 meter. Telah dijelaskan pada tahun 2010, menjadi salah satu tambahan terbaru untuk genus bestiary ceratopsian, dan tentu saja salah satu yang paling spektakuler dari semua dinosaurus.


1
Kosmoceratops
Kosmoceratops-Horned-Dino-008
Salah satu penemuan dinosaurus terbaru ini juga layak mendapatkan tempat pertama dalam daftar ini; Kosmoceratops tidak kurang dari tiga belas tanduk! (Lima belas jika Anda menghitung tulang epijugal di bagian pipi). Dinosaurus yang satu ini telah disebut oleh para ilmuwan sebagai "dinosaurus yang memiliki hiasan yang paling banyak dari semua jenis dinosaurus" dan "salah satu hewan yang paling menakjubkan". Namanya mempunyai rarti "wajah bertanduk hiasan". dengan bukti, tanduk menghadap ke depan di embel-embel dan menurun, tanduk melengkung di dahi tapi tidak efektif untuk bertahan atau menyerang, mungkin lebih cocok untuk menakut-nakuti predator, pamer dan dan untuk menarik calon pasangan. Kosmoceratops tinggal di Amerika Utara bagian barat; sisanya telah ditemukan di Utah.

Source

Tidak ada komentar:

Posting Komentar